Blogger news



Free Widgets

Penyakit Maag

| |
Dalam sebuah riset sederhana yang dilakukan dokter di Rumah sakit Cipto Mangunkusumo, banyak penyebab maag yang terjadi Indonesia. Yang pertama jelas karena aktivitas yang padat, sehingga jadual makan sering berantakan atau malah terlupakan. Ini alasan paling sering yagn muncul dari penderita maag. Kemudian, tingkat stress yang tinggi di kota-kota besar juga menjadi pemicu munculnya penyakit lambung ini. Makanan dan minuman yang memicu tingginya sekresi asam lambung, seperti makanan dan minuman dengan rasa asam, pedas, kecut, berkafeiin tinggi, mengandung vitamin C dosis tinggi, termasuk buah-buahan.

Tapi harus dipahami juga, maag bukan semata soal asam lambung tinggi dan buffer bermasalah. Ada beberapa faktor lain yang membuat buffer melemah antara lain infeksi kuman (e-colli, salmonella atau virus), pengaruh obat-obatan, dan konsumsi alkohol berlebih.

Ada beberapa pantangan yang perlau diketahu oleh penderita maag. Anda mungkin sudah sering membaca apa saja yang tidak boleh dan boleh dinikmati. Tapi apa salahnya mengingatkan, betapa pentingnya menjaga dan mengontrol makan sehingga benar-benar sehat dan layak untuk tubuh kita. Hindari makanan yang banyak mengandung gas, seperti lemak, sawi, kol, nangka, pisang ambon, kedondong, buah yg dikeringkan dan minuman bersoda. Kemudian juga hindari makanan yang merangsang keluarnya asam lambung seperti kopi, minuman beralkohol 5-20%, anggur putih dan sari buah sitrus.
Pantangan lain yang perlu diwaspadai adalah hindari makanan yg sulit dicerna yg membuat lambung lambat kosong misal makanan berlemak, kue tart, keju. Kemudian juga makanan yg merusak dinding lambung seperti cuka, pedas, merica dan bumbu yg merangsang. Perhatikan juga makanan yang melemahkan klep kerongkongan bawah, seperti alkohol, coklat, makanan tinggi lemak dan gorengan. Masih ada ajuga, seperti beberapa sumber karbohidrat seperti beras ketan, mie, bihun, bulgur, jagung, singkong, tales, serta dodol. Hindari juga mengkonsumsi goreng-gorengan yang berlebihan juga makanan yang banyak mengandung es dan margarin. Gorengan dan margarin mengandung lemak tinggi yang membuat tubuh rentan terserang batuk dan memperlambat pengosongan lambung. Repot ‘kan kalau sudah kena?

Makanan Yang Aman Bagi Penderita Maag

Jika Anda dinyatakan positif menderita sakit maag, sebaiknya kenali jenis-jenis makanan yang tidak mengganggu maag Anda. Kuncinya, makanlah dalam posrsi kecil dengan frekuensi yang sering. Dalam buku �50 Ways to Relieve Heartburn, Reflux, and Ulcers�, M. Sara Rosenthal menyarankan penderita maag untuk mempertimbangkan makanan yang dapat mengurangi serangan nyeri lambung, seperti kentang, pisang, brokoli, dan bubur. Selain dapat menetralisir asam lambung, makanan tersebut juga dapat memberi rasa kenyang yang lebih lama.

Kentang adalah sumber karbohidrat yang baik dan mampu memberikan rasa kenyang yang cukup lama. Bubur kentang atau jus kentang yang bersifat basa di pagi hari bermanfaat untuk menetralisir asam lambung sebelum Anda menyantap makanan lain.

Pisang Masak adalah salah satu jenis buah-buahan yang mengandung kalium, selain melon, pepaya dan tomat. Kalium yang dikandung dalam buah-buahan tersebut bermanfaat menyeimbangkan pH (derajat keasaman) di dalam lambung. Pisang juga mampu memberi rasa kenyang sehingga amat baik dikonsumsi di antara waktu makan. Selain itu, pisang juga kaya akan potasium yang mampu menormalkan peningkatan tekanan darah akibat serangan stres.

Brokoli merupakan sumber kalium dan sulfur yang baik. Sulfur mampu berperan sebagai antioksidan pelindung lapisan dalam kulit lambung. Brokoli juga kaya akan vitamin C yang baik untuk memelihara stamina tubuh. Makanan lain yang mengandung sulfur adalah bawang merah dan bawang putih.

Bubur Ayam bagi penderita sakit maag akut sangat berguna untuk mencegah dan meringankan serangan rasa sakit. Sebaiknya hindari sate jeroan yang sulit dicerna, namun sebagai penambah rasa boleh ditambahkan telur rebus, kecap dan sedikit kerupuk.

Lidah Buaya bermanfaat meredakan panas dalam dan mempercepat penyembuhan luka. Kandungan saponinnya mempunyai kemampuan antiseptik, sedangkan kandungan antrakuinon dan kuinonnya berkhasiat sebagai antibiotik, penghilang rasa sakit dan merangsang pertumbuhan sel baru pada kulit. Selain itu, kandungan mukopolisakarida di dalam lidah buaya juga berguna untuk memulihkan radang, termasuk radang saluran pencernaan dan arthritis.

Apa itu Sakit Maag ?

Lambung manusia
Maag atau lambung dalam bahasa Indonesia, merupakan salah satu bagian dari rangkaian saluran pencernaan. Setelah melewati kerongkongan (esofagus), makanan pertama-tama masuk ke lambung. Lambung ini pula yang bertugas memberi sinyal kalau perut sudah lapar atau sudah kenyang, melalui rangkaian serabut saraf.
Ujung saraf yang berada di lambung akan memicu sinyal lapar jika kadar asam lambung sudah mulai meningkat. Asam lambung itu sendiri merupakan unsur yang secara normal dihasilkan lambung, dan digunakan untuk memudahkan makanan yang masuk dicerna oleh ensim-ensim lambung. Rasa lapar itu ditandai oleh perut yang terasa perih.

Tetapi jika rasa perih datang pada saat yang tidak tepat (bukan saat menjelang makan), atau terasa berlebihan, atau terlalu sering datang, maka biasanya orang cenderung menyatakan bahwa dirinya sakit maag.
Lambung itu sendiri secara garis besar dibagi dalam tiga bagian anatomis, yaitu bagian puncak (fundus), bagian kantung atau badan, dan bagian pintu menuju usus (antrum). Tiap bagian mempunyai tugas yang berbeda-beda. Bagian fundus bertugas menghasilkan bahan pembuat vitamin B12, kemudian bagian badan menghasilkan asam lambung serta ensim, dan bagian atrum menghasilkan zat yang disebut sebagai gastrin.

Penyebab sakit lambung
Sakit lambung pada umumnya terjadi:
Pertama karena terlalu banyak “gempuran” terhadap dinding lambung, misalnya akibat terlalu banyak asam atau makanan-makanan yang berpotensi menggerus dinding lambung (pedas, terlalu asam, kopi, alkohol, nikotin, obat-obat tertentu).

Kedua karena melemahnya daya tahan dinding lambung terhadap gempuran, sehingga sedikit saja zat-zat penyerang tadi datang, perut sudah merasa sakit, perih dan mulas.

Sekarang diketahui bahwa melemahnya daya tahan ini biasanya disebabkan adanya infeksi kuman Helicobacter pilori. Lambung akan lebih mudah diserang kuman ini jika sebekumnya dinding lambung sudah mulai terkikis oleh makanan-makanan yang disebut di atas tadi. Sekarang ini makin banyak penderita sakit maag yang sekaligus juga diserang kuman H pilori ini, sehingga tidak jelas lagi yang mana yang lebih dulu datang. Kuman H pilori itu ataukah kelemahan dinding akibat gerusan berbagai macam zat tadi.

Mengapa ada orang yang mudah terkikis dinding lambungnya dan ada orang yang meskipun sering makan pedas tidak pernah terserang sakit maag , masih merupakaan misteri . Sebagian mungkin bersifat bawaan atau turunan , sebagian lagi karena terlalu sering menahan tekanan batin (stres) Lebih dari separuh pendeerita penyakit maag tergolong yang tidak jelas sebab-sebab awalnya .

Sebagian dari yang terkena sakit maag akan mengalami pembengkakan di dinding lambung ,sebagian lagi mengalami luka , dan sebagian lagi tidak terlihat kelainan di dinding lambungnya. Sebagian kecil , terutama yang luka lambungnya selalu di rangsang oleh nikotin rokok, akan berkembang menjadi kanker lambung .untunglah yang benar-benar mengalami luka dilambungnya hanya sebagian kecil , diperkirakan hanya 10 persen dari pengidap sakit maag benar-benar mengalami luka di dinding lambungnya.

Sebagian tidak ada tanda-tanda kerusakan yang jelas di dinding lambungnya , atau hanya sebatas memerah saja (hiperemik) Yang sebagian besar pada umumnya hanya disebabkan oleh adanya produksi asam lambung yang berlebihan .

Gejala maag
Gejala adanya sakit maag ini biasanya berupa rasa perih di lambung meskipun baru saja makan (dan makanannya pun tidak pedas atau asam ) . Kalau rasa perih yang berlebihan hanya terjadi sebelum makan tetapi mereda sehabis makan, maka biasanya hal itu hanya berakibat produksi asam lambung yang berlebiha.
Obat yang biasanya digunakan untuk mengatasi gejala sakit lambung adalah golongan antasid, yaitu obat yang ditujukan untuk mengurangi keasaman. Antasid ini dapat berupa tablet dan dapat pula berupa larutan kental seperti susu. Bentuk yang cair ini sekaligus juga dimaksudkan untuk melindungi dinding lambung dari serangan asam yang berlebihan.

Selain antasid, juga dapat diberikan obat penenang gerakan lambung. Tetapi obat ini sebaiknya digunakan jika serangan sakit maag disertai rasa mual, melilit, atau mulas. Jika memang dipastikan ada pula infeksi kuman H pilori, diberikan antibiotika. Beberapa penulis menganjurkan agar selain antibiotika untuk kuman aerob (seperti amoksisilin, eritromisin, dan sebagainya), diberikan pula antibiotika untuk kuman anaerob (musalnya metronodazole).

Obat penenang (trenquilizer) diberikan jika memang ada unsur stres yang tidak mudah diatasi oleh dirinya sendiri. Sebenarnya faktor stres ini harus sedapat mungkin diusahakan untuk diatasi tanpa obat, jika perlu dengan bantuan pakar psikologi.

Sumber:http://id.shvoong.com/medicine-and-health/nutrition/2010551-apakah-sakit-maag-itu/#ixzz1IwIVKYaG

0 komentar:

Post a Comment

Translator

Fans box

Followers

Page rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net