Blogger news



Free Widgets

Flek Hitam

| |
PENYEBAB FLEK HITAM
Flek hitam memang sangat mengganggu bagi siapa saja yang mengalaminya, tidak mudah menghilangkan flek hitam karena butuh kesabaran dan ketelatenan. Untuk menghindari flek hitam adalah jangan kontak langsung dengan sinar matahari antara jam 9-12 siang, tetapi jika kamu memang harus beraktivitas diluar rumah antara jam 9-12 siang maka pakailah pelindung seperti topi dan payung. Pada saat selesai ber aktifitas di luar rumah jangan langsung membersihkan muka biarkan tubuh dan kulit muka dalam suhu normal, karena setelah melakukan aktivitas di luar rumah suhu tubuh meningkat, setelah itu lalu bersihkan muka.

Memiliki flek hitam memang menjadi sangat menakutkan bagi siapa saja yang mengalaminya terutama bagi kaum wanita. Karena kulit muka adalah yang paling pertama di lihat orang terutama oleh lawan jenis. Wajah juga merupakan mahkota bagi kaum wanita setelah rambut, dan salah satu yang dapat menarik perhatian lawan jenis, muka juga menjdi faktor pendukung kepercayaan diri.. Banyak ditemukan wanita yang mengeluh karena adanya flek hitam baik yang muda ataupun yang sudah berumur. Banyak penyebab timbulnya flek hitam yang tidak diketahui sehingga para wanita banyak melakukan hal ataupun kegiatan yang dapat memicu timbulnya flek hitam. Maka dari itu para wanita harus mengetahui apa penyebab dari timbulnya flek hitam agar dapat menghindarinya.

Berikut ini akan dijelaskan penyebab flek hitam berdasarkan jenis kulit:

Penyebab Flek Hitam Kulit Normal
  1. Biasanya di daerah T (seperti dahi, hidung dan dagu) memproduksi minyak berlebihan, pori-pori pun lebih besar dari pada bagian wajah lainnya.
  2. Setelah wajah dibersihkan, kulit pipi akan terasa kencang.
  3. Kerutan seiring bertambahnya usia akan ada di sekitar mata, dahi, dan bagian atas bibir.
  4. Kulit mudah terbakar sengatan matahari, sehingga terlihat kemerahan atau kecokelatan.

Penyebab Flek Hitam Kulit Berminyak
  1. Umumnya memiliki pori-pori besar dan berkomedo.
  2. Kulit wajah tampak mengkilap serta riasan mudah luntur.
  3. Kerutan di wajah lebih lambat ketimbang jenis kulit lainnya.

Penyebab Flek Hitam Kulit Kering
  1. Mudah terkelupas dan terbakar jika terkena sengatan matahari.
  2. Di udara dingin mudah teriritasi atau gatal-gatal.
  3. Daerah T kadang seperti bersisik dan kulit wajah terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.
  4. Kerutan lebih cepat muncul, bukan hanya pada wajah, tapi juga pada kulit tubuh lainnya.

Penyebab Flek Hitam Kulit Sensitif
  1. Mudah teriritasi jika kena kosmetik tertentu atau terkena paparan sinar matahari.
  2. Kulit umumnya kering dan terkesan "tipis" sekali.
  3. Kulit akan terasa kencang sesaat setelah dibersihkan.

Jika jenis kulit yang mempunyai flek hitam sudah diketahui, maka perawatan dan kosmetik kulit wajah yang dibutuhkan selanjutnya pun akan mudah didapatkan yang cocok.

Cara Menghilangkan Flek Hitam
Flek hitam merupakan pigmentasi atau melasma yang biasa timbul di beberapa bagian tubuh terutama pada bagian wajah

Flek hitam biasanya diakibatkan oleh sinar matahari, jerawat, dan akibat pemakaian obat anti kehamilan, antibiotik,diantaranya disebabkan oleh paparan sinar matahari, bekas jerawat, akibat pemakaian obat hormonal seperti pencegah kehamilan, antibiotik, pemakaian kosmetik tidak tepat dan sebagainya.

Menghilangkan flek hitam memang tidak mudah perlu kesabaran dan membutuhkan waktu untuk melakukan perawatan agar muka bisa bersih dari flek hitam. Bagi mereka yang berkantong tebal dapat melakukan perawatan di salon-salon. Tetapi jika ingin melakukan perawatan yang lebih murah dapat melakukannya sendiri di rumah.

Memang banyak produk kosmetik yang beredar di pasaran dengan bermacam merek dan harganya pun bervariasi, namun anda tetap harus hati-hati memilih obat penghilang flek hitam karena bisa saja produk yang anda pilih tidak cocok dengan kulit muka anda. Produk kosmetik dipasaran juga banyak mengandung bahan berbahaya bagi kulit karena mengandung mercury yang dapat menyebabkan kanker kulit.

Banyak cara yang bisa dilakukan untuk menghilangkan flek hitam salah satunya dengan memanfaatkan buah-buahan. Berikut ini buah yang dapat menghilangkan flek hitam:
  • Buah mentimun dan buah bengkoang dapat mengobati flek hitam. Caranya adalah dengan dibuat masker untuk wajah, mentimun dan bengkoang di blender lalu di oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, kemudian diamkan selama 15 menit lalu cuci dengan air bersih.
  • Untuk kulit yang berminyak, gunakan masker dari jeruk nipis. Caranya jeruk nipis diris-iris tipis ditempelkan secara merata pada kulit wajah diamkan selama 15 menit kemudian cuci dengan air bersih.
  • Untuk mengganti sel kulit wajah yang sudah mati dan menghaluskan kulit gunakan madu. Caranya oleskan madu pada kulit wajah secara merata diamkan selama 15 menit kemudian bersihkan dengan air hangat kemudian cuci dengan air dingin.
Ada juga beberapa cara lain yang bisa digunakan untuk menghilangkan flek hitam pada wajah anda antara lain:
  • Putih telor diyakini dapat membantu menghilangkan flek hitam pada wajah. Caranya ambil sehelai serbet kertas atau tisu yang tidak mudah sobek, kemudian tisu dicelupkan pada putih telor dan ditempelkan pada wajah yang ada flek hitamnya tunggu sampai mengering. Setelah mengering basuh wajah dengan menggunakan air hangat hingga bersih, lakukan 2 kali seminggu.
  • Campurkan beras yang sudah ditumbuk dengan bubuk kayu manis, kemudian goreng semua bahan tanpa menggunakan minyak sampai berubah warnanya menjadi I kekuningan. Tunggu sampai dingin kemudian oleskan pada wajah. Lakukan 2 kali seminggu.
  • Ambil sehelai daun nangka yang agak tua, lumatkan dengan sedikit air. Oleskan pada wajah yang sudah dibersihkan, tunggu sampai mengering kemudian bersihkan dengan air hangat. Lakukan setiap 2 minggu sekali.
Jangan lupa tetap merawat wajah dan hindari sinar matahari langsung. Untuk menghindari paparan sinar matahari, gunakan selalu cream SPF (Sun Protection Factor) yang cukup kadarnya, biasanya SPF 15-20 saja sudah cukup, kecuali berada di daerah pantai, gunakan SPF 30. Pakailah topi, atau kaca mata atau payung untuk melindungi wajah anda dari sinar matahari agar flek hitam tidak muncul kembali.

source artikel tentang kesehatan

3 komentar:

Mira said...

Makasih, jadi nambah pengetahuan tentang flek...

Maulia said...

ternyata caranya macam macam dan sederhana yah... makasih bwt sharingnya...

Selimut said...

thanks gan, dgn bahan alami jadi ada alternatif yg lebih murah...

Post a Comment

Translator

Fans box

Followers

Page rank

Google PageRank Checker Powered by  MyPagerank.Net